Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo

  • Galuh Dewi Akbar Sari
  • Siti Rofiatul Azizah
  • Ulum Fatmahanik

Abstract

Abstrak


Dalam proses pembelajaran di sekolah, tidak sedikit siswa yang mempunyai hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV, 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Dengan sampel penelitian siswa kelas IV sebanyak 50 responden. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda. Hasil analisis data ditemukan: 1) ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV sebesar 27%, 2) ada pengaruh antara self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV konstribusi sebesar 16%, dan 3) ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV sebesar 33%.

Published
2021-12-31
How to Cite
SARI, Galuh Dewi Akbar; AZIZAH, Siti Rofiatul; FATMAHANIK, Ulum. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 75- 84, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/358>. Date accessed: 04 mar. 2024.