Konsep Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kitab Bidayatul Hidayah Bab Adabu Adabu Syuhbah Wal Muasaroh Ma’al Khaliq Wa Ma’al Khalqi Karya Syekh Imam Al Ghazali

  • Sofia Rahmawati
  • Nur Hidayah
  • Dwi Ulfa Nurdahlia

Abstract

Abstrak


Pendidikan karakter merupakan  usaha sadar dan terencana dalam menanamkan nilai-nilai dalam peserta didik yang mendorong dan mewujudkan dalam sikap dan prilaku yang baik. Bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami kemunduran moral yang sangat hebat, ditandai dengan tingginya angka seks bebas di kalangan remaja bahkan dikalangan anak-anak juga, maraknya penggunaan obat terlarang. Hal itu tentunya akan memberikan dampak yang negatif terhadap suatu bangsa, untuk membentengi semua itu maka diperlukannya sebuah pembinaan akhlak melalui penguatan pendidikan karakter, salah satunya dalam kitab Bidayatul Hidayah Bab Adabu Syuhbah Wal Muasaroh Ma’al Khaliq Wa Ma’al Khalqi Karya Syekh Imam Al Ghazali. Maka peneliti bertujuan untuk mengetahui konsep penguatan pendidikan karakter dalam kitab Bidayatul Hidayah Bab Adabu Syuhbah Wal Muasaroh Ma’al Khaliq Wa Ma’al Khalqi Karya Syekh Imam Al Ghazali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Metode penggumpulan data dalam penulisan ini menggunakan metode editing, organizing, penemuan hasil data, adapun teknis analisa datanya menggunakan content analysis. Oleh karena itu, melihat perkembangan zaman seperti saat ini perlu adanya pembentengan diri terutama pada anak usia dini melalui peningkatan penguatan pendidikan karakter

Published
2021-12-31
How to Cite
RAHMAWATI, Sofia; HIDAYAH, Nur; NURDAHLIA, Dwi Ulfa. Konsep Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kitab Bidayatul Hidayah Bab Adabu Adabu Syuhbah Wal Muasaroh Ma’al Khaliq Wa Ma’al Khalqi Karya Syekh Imam Al Ghazali. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 63- 74, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/357>. Date accessed: 04 mar. 2024.