Upaya Wali Asrama dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa- Siswi Asrama Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Mawaddah Coper Jetis Ponorogo

  • Dinda Septiani
  • Riska Aprilia Nurhidayati
  • Restu Yulia Hidayatul Umah

Abstract

Abstrak


Adapun tujuan-tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi atau upaya wali asrama dalam meningkatkan semangat belajar, untuk mengetahui -faktor yang mendukung dan menghambat semangat belajar siswa-siswi serta mendeskripsikan hasil yang diperoleh wali asrama dalam meningkatkan semangat belajar siswa-siswi di asrama SDIT Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah wali asrama dan siswa-siswi asrama SDIT AL-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Sedangkan pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa (1) Upaya-upaya yang dilakukan wali asrama: memberi bimbingan secara langsung kepada siswa-siswi di setiap kegiatan dan memberikan apresiasi bagi siswa-sisiwi yang mendapatkan prestasi tinggi. (2) Faktor penghambat yang dihadapi dalam peningkatan semangat belajar ini yaitu kurangnya motivasi belajar, kemampuan siswa-siswi yang berbeda, beberapa siswa-siswi masih belum bisa beradaptasi di lingkungan asrama serta latar belakang keluarga. Faktor pendukung dalam peningkatan semangat belajar: antara siswa-siswi dan wali asramamenjadi satulingkungan di asrama akhirnya terjalin suatu komunikasi yang efektif dan bahan ajar yang memenuhi standar kurikulum. (3)Upaya-upaya yang dilakukan oleh wali asrama: berperan aktif dan selalu ada di setiap kegiatan apapun terutama belajar, maka siswa-sisiwi dapat mengerjakan kegiatannya dengan maksimal dan mendapatkan nilai yang diinginkan dalam kegiatan belajar.

Published
2021-12-31
How to Cite
SEPTIANI, Dinda; NURHIDAYATI, Riska Aprilia; UMAH, Restu Yulia Hidayatul. Upaya Wali Asrama dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa- Siswi Asrama Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 57- 62, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/356>. Date accessed: 15 july 2024.