Pengaruh Intensitas Komunikasi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Randusongo Ngawi

  • Muthi’ Mazidatul Arifah
  • Amar Alam Al Firdaus
  • Faninda Novika Pertiwi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari keberhasilan dalam sebuah proses pendidikan tidak lepas dari komunikasi yang baik antar warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara intensitas komunikasi siswa dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah jenis ex post facto. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan agket (kuesioner) dan dokumentasi. Untuk menguji instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, intensitas komunikasi siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa SDN 1 Randusongo Ngawi tahun ajaran 2019/2020. Nilai sig 0,000 lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,046 < 0,05), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh antara intensitas komunikasi (X) dengan prestasi belajar siswa (Y). Sedangkan berdasarkan nilai R square sebesar 0,818 yang berarti bahwa hubungan intensitas komunikasi (X) dan prestasi belajar (Y) adalah sebesar 81,8%. Maka dari itu pengaruh intensitas komunikai dan prestasi belajar terbukti signifikan.

Published
2021-12-31
How to Cite
MAZIDATUL ARIFAH, Muthi’; ALAM AL FIRDAUS, Amar; NOVIKA PERTIWI, Faninda. Pengaruh Intensitas Komunikasi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Randusongo Ngawi. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 19- 30, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/353>. Date accessed: 03 july 2024.